Langsung ke konten utama

Tips n Trik menghemat biaya pernikahan


Hmm..            
Udah beberapa bulan ini pasif banget di blog, yaa mungkin karena padatnya aktifitas, bangun pagi-pagi buta harus buru – buru ke rumah sakit ketemu Residen, follow up pasien biar gak dimarahin konsulen, tapi so far semuanya adalah kewajiban sih sebagai Dokter muda yang sedang menjalani pendidikan kepaniteraan klinik di Rumah Sakit, mau sharing sedikit dari pengalaman ngurus wedding kemarin, mumpung ingatannya masih segger di kepala jadinya pengen sharing ini di blog, bagaimana caranya menghemat budget pernikahan, bagaimana menyiasati agar anggaran-anggaran dapat dimaksimalkan seperlunya, tidak untuk hal yang menurutku gak perlu, tapi ya kembali lagi sih.. persoalan pernikahan itu persoalan yang relatif masing-masing sesuai dengan tingkat kemampuan keluarga si calon pengantin. Karena dulu saat kami “ aku dan suamiku” mempersiapkan pernikahan dengan hati-hati dalam artian yaa penuh dengan masukan keluarga, namanya juga menikah, bukan hanya suara dari keluarga pihak A yang musti dipertimbangkan tapi juga dari pihak B, dari pihak mempelai laki-laki.
            Sebenarnya banyak cara yang bisa dilakukan bagi calon pengantin untuk menghemat biaya pernikahan, yaa menurut saya sih buat apa membuang biaya untuk sebuah pesta pernikahan, sementara masih banyak kebutuhan Real yang harus dipenuhi setelah menikah, menurutku.. “Kehidupan setelah menikah lebih penting ketimbang hidup kita sebelum menikah”  buat yang kontra dengan pendapatku mungkin berpendapat bahwa mengadakan pesta yang biasa-biasa saja sangat mempengaruhi harga diri keluarga. Kembali lagi pada relatif tiap-tiap orang, dan tiap-tiap tradisi keluarga. Alhamdulillah ketika resepsi pernikahan aku dan suami, berlangsung seperti apa yang diinginkan, kelurga senang, sahabat-sahabat tercinta hadir, relasi-relasi hadir, calon pengantin pun bahagia. Tidak ada masukan yang terlewatkan, semua turut menyumbangkan isi pikiran demi terlaksananya acara kami, tidak juga mewah namun meriah. Sebenarnya sih yang lebih penting adalah menjelang hari pernikahan itu cobaan dan godaan itu banyak sekali, hubungan calon pengantin kadang-kadang goyah oleh masalah-masalah kecil dalam hal persiapan pernikahan, yaa karena semuanya serba pengen didenger, mempelai laki maunya gini, mempelai perempuan maunya gini, ya gitu-gitu deh hal kecil, perselisihan kecil yang kadang bisa bikin renggang. Itulah mengapa menjelang hari pernikahan ada yang namanya pingitan, gak boleh sering ketemu sebenarnya biar gak banyak-banyak berantem, dan biar calon pengantin gak bosen-bosen amat, kalau nanti udah akad nikah dan semua prosesi selesai perasaan cinta masing-masing calon menggebu-gebu menjalani bulan madunya. Duh, kok jauh banget ya sampai ke bulan madu hahaha.. di skip aja yaaa.. hihihi aku punya sesi tersendiri untuk bagiin tips yang perlu dilakukan perempuan sebelum bulan madu bersama suami tercinta. Eitsss 17th ke atas yaa J.

            Adapun 10 tips yang bisa aku bagikan kepada rekan pembaca, sebelum melaksanakan  pernikahan.

1.     Rencanakanlah dengan matang.
Jika ada kata sederhana, yang dapat aku bagikan adalah “ Gagal merencanakan berarti gagal mengalami, maka rencanakanlah konsep pernikahan itu sebaik mungkin, Semakin jauh waktu yang digunakan untuk persiapan otomatis semakin banyak keuntungan dan biaya-biaya yang tidak diperlukan bisa dipangkas. Karena segala yang dipesan jika waktu terlalu dekat maka akan semakin mahal, kartu undangan dan souvenir pun akan jauh lebih murah jika waktunya tidak terlalu dekat. Hindari juga tanggal-tanggal yang banyak orang menikah, karena sebenarnya hadirnya tanggal cantik mengundang para vendor-vendor menaikkan harga 20 % dari biasanya.
           
2.     Tetap berpengang pada konsep  “Sederhana namun Meriah”
Konsep sederhana bukan berarti biasa-biasa saja, namun lebih kepada mengurangi hal yang sebenarnya tidak perlu, contoh soal pemilihan dekorasi ruangan pesta biasanya akan memakan biaya yang tidak sedikit, oleh karena itu bagi saya memilih venue yang komplit dengan dekorasi jauh lebih baik ketimbang harus menarik vendor lain untuk mengisi dekorasi, karena itu akan membuat biaya pernikahan membengkak, acara pernikahan aku dan suami dulu kami mengikut pada keputusan keluarga untuk penyelenggaraan resepsi di Gedung IMMIM Islamic Centre Makassar, Gedungnya letaknya menurutku strategis, ukuran tempat lumayan luas, kami tidak repot-repot lagi mencari vendor untuk dekorasi, karena penyewaan Gedung sudah termasuk dengan dekorasi ruangan pesta, catering, dan pelengkap resepsi lainnya seperti Pelaminan, buku tamu, lampu, soundsystem dll. Yang bikin aku dan suami memang pengen disitu karena yaaa gak pengen bikin repot tamu nyari parkiran, persoalan parkir di sana juga luas, pengalaman kami sih kalau menghadiri resepsi di hotel bawaannya ngedumel karena repotnya nyari parkiran.


3.     Batasi Jumlah Undangan.
Mengapa biaya pernikahan itu mahal, sebenarnya adalah jumlah tamu undangan kita ada berapa, pernikahan di Indonesia memang terkenal dengan pernikahan yang mengundang ratusan hingga ribuan orang, dan Indonesia juga dikenal dengan kekerabatan yang erat, jika ada suatu pesta maka wajib hukumnya untuk mengundang sesepuh, nenek buyut hingga cucu-cucunya, yaa keluarga tetap no.1, namun perlu klasifikasi untuk daftar tamu-tamu undangan, karena semakin banyak tamu yang di undang maka besar pula budget yang harus disiapkan.


4.     Gunakan Pertemanan.
Beruntunglah barang siapa yang mempunyai pertemanan yang luas, apalagi dengan beragam pekerjaan profesi kreatif, karena sedikit banyak kita bisa sharing dan meminta saran kepada teman demi terlaksananya acara pernikahan yang kita inginkan. Bahkan bisa beberapa teman baik tidak mengenakan biaya apapun untuk bantuan yang mereka tawarkan, mereka ingin berpartisipasi dalam pesta anda karena bagi mereka itu akan jauh lebih berharga ketimbang hadiah lainnya.

5.     Menyewa dari pada membeli.
Dari pengalaman yang aku alami, biaya gaun pengantin adalah biaya kedua terbesar setelah biaya tempat resepsi jadi untuk pemilihan hal yang satu ini perlu dipertimbangkan dan diperhatikan baik-baik, sekali lagi lebih baik menyewa dari pada membeli, apalagi untuk seragam-seragam pagar ayu, dan pagar bugis, menggunakan jasa kalau di Makassar  namanya adalah “indo’ botting” sangat membantu kelancaran acara pernikahan, entah itu mau Konsep  modern ataupun Adat memakai baju bodo/ kebaya modern. Waktu resepsi kami kemarin menggunakan dua “indo botting” ya memang sih biaya jadi membengkak, tapi ini adalah keputusan dua keluarga kami. Saat akad nikah kami memakai baju pengantin dari “ Rumah Pengantin Makassar” ( YAYAN SALON)” Saat Resepsi malam kami memakai baju pengantin dari PURITIARA wedding and Decoration. Semuanya menggunakan Konsep Adat.


6.     Kartu undangan yang Simpel, toh ujung-ujungnya bakal dibuang.
Kembali berpengang teguh pada poin no.2 tentang sederhan, dulu sih aku pas wedding milihnya kartu undangan yang biasa-biasa aja, otomatis harga juga gak gimana-gimana banget, pesennya juga sama relasi kakak, karena tamu yang masuk list undangan saat itu lumayan banyak, karena untuk calon mempelai laki-laki saja itu list undangannya ada 1500, keluargaku  punya list tamu ada 2500. Total ada 3500 undangan yang kami cetak, oh iya lupa waktu resepsi kami kemarin acara kami disatukan, semuanya di GEDUNG ISLAMIC CENTRE IMMIM, tapi keluarga mempelai perempuan tetap menerima tamu di rumah, makanya undangan membengkak jadi 2500 orang, aku gak ngebayangin betapa repotnya mama menyiapkan acara kami saat itu, terima kasih ya ma, bener-bener chinta udah nyusahin mama. Di rumah mempelai perempuan kan menerima tamu-tamu dari mempelai laki-laki saat akad nikah makanya untuk acara di rumah saat itu lumayan banyak budget yang dikeluarkan. Bagi yang pengen menghemat bisa kok, masukannya adalah untuk acara akad nikah bisa dilakukan di mesjid sekaligus dirangkaikan dengan resepsi setelah akad semuanya menuju tempat resepsi untuk perjamuannya, banyak kok yang kayak gitu. Hal itu sebenarnya menghemat pengeluaran. Pemilihan waktu resepsi di siang hari yang hanya berselang 2 jam setelah akad nikah banyak dilakukan sekarang, karena pertimbangan itu. Sangat membantu memangkas biaya yang gak perlu-perlu banget.

7.     Konsep  Foto Pre-Wedding yang simpel.
Untuk hal yang satu ini memang tergantung lagi dari masing-masing orang, disini aku hanya pengen cerita tentang konsep foto prewedding saya dan suami, karena kami itu LDR-an otomatis sedikit banget waktu yang bisa disempatkan jika ada sesuatu yang harus kami urus, makanya pre-wedding kemaren itu kami gak nyewa Wardrobe - wadrobe untuk perlengkapan Foto, yaa banyak sih kenalan yang bisa kami hubungi cuma karena calon pengantin sama-sama sibuk, jadinya pakai wadrobe sendiri aja, yaa untung-untung bisa foto prewedding, awalnya kami pesimis “kayaknya gak bakal sempet deh” eh ternyata sempat. Kami memilih konsep yang sederhana aja, untuk Indoor kami foto di rumah, ngambil konsep Coffee morning before activity, foto seru-seruan, lucu-lucuan. Sampai Hingga akhirnya di sesi kedua kami Outdoor di Busway, semuanya serba sederhana.
Terima kasih kepada Keluarga Suami  Puang Iik Manggabarani  udah memperbolehkan kami untuk foto-foto di rumahnya hehehe, juga sahabatku hiksyani sani yang udah nemenin Foto-foto di busway, betapa Excitednya saya pertama kali naik buswaynya Makassar hahahah. Absurd sekali sungguh. Terima kasih Teman-teman D’Blur  Photography yang udah Fotoin kami :D

8.     Bachelor dan Breidsmaid party “ Sebisanya aja”
Karena kita hidup di jaman yang sumpah soal trend-trend kekinian itu cepat sekali menularnya, pesta bujang dan pesta breidsmaid..  pesta yang katanya sebelum dia resmi jadi istri/suami orang, menurutku itu sih cuma ada di barat, untuk kita yang hidup sebagai orang timur semestinya itu gak perlu-perlu banget, ya ini menurutku. Karena kembali lagi bakalan bikin kita mengeluarkan budget yang gak terduga, waktu aku sih dulu kebetulan aja pas hari resepsi berdekatan dengan hari ulang tahunku, jadi saat temen-temen ngasi surprise ala-ala apa gitu. Saat itu, si Bella, Sani, kak itha, kak sinta dan kiah kerja sama dengan suami ngerjain aku di suatu tempat, ya dirangkaikan deh makan siang di sana, yaa kalau aku bilang sih “sebisanya aja” dan momentnya pas. Seminggu sebelum hari – H, karena habis itu aku udah gak boleh keluar rumah lagi, udah masuk jadwal pingitan.

9.     Gunakan Paket Pernikahan dari Vendor.
Tadi yang aku ceritakan soal pemilihan baju pengantin di Vendor, nah poin ini tentang paket yang disediakan oleh vendor, misalnya saat memilih baju pengantin di indo' botting itu biasanya include dengan “make up” yang ditawarkan, saat itu aku memilih untuk ikut dalam paket Wedding yang disediakan oleh vendor Rumah Pengantin Makassar dan Puritiara Wedding and Decoration, otomatis udah gak ada lagi biaya yang harus dikeluarkan untuk Make Up Artist, karena memercayakan itu pada vendorku, nanti ya aku sharing foto-fotonya. Gak kalah kok sama MUA, MUA yang lagi kekinian hehehe.

10.  Perawatan Pre-Wedding sendiri.
Aku menaruh poin ini pada poin ke sepuluh bukan berarti gak penting, perawatan sebelum hari pernikahan sangatlah penting, karena kita bakalan tampi beda sekali seumur hidup di depan banyak orang, di depan kekasih halal kita, di depan keluarga-keluarga besar, relasi-relasi. Akan tetapi karena aku termasuk perempuan yang kulitnya itu sangat-sangatlah sensitif salah pilih paket perawatan sedikit, sakit yang ditimbulkan sangat-sangatlah banyak, ya sebut saja kulitku alergian. Makanya aku milih perlengkapan perawatan itu yang memang alami banget buat kulit, dan lakukan perawatan lebih banyak di rumah, jangankan untuk perawatan untuk nyari waktu buat istirahat aja aku kewalahan, yaa taulah siklus hidup co-asssitant kayak gimana, gak usah aku jelasin ini, nanti yang ada malah kalian iba hahaha, pokoknya menjelang hari pernikahanku saat itu aku lebih banyak menghabiskan waktu di rumah, sampai aku sempat ngambil libur buat istirahat, mempersiapkan fisik biar benar-benar siap, mental pun demikian, menghindari cekcok-cekcok kecil yang bisa bikin hubungan aku sama suami jadi renggang. Ya aku lebih banyak di rumah, banyak nenangin diri, banyak sharing sama mama untuk menyambut datangnya hari – H.


Yaa.. sejauh ini cuma ini sih yang bisa aku share ke pembaca blogku, yang belum menemukan jodoh semoga dipertemukan secepatnya, gak apa-apa kok sejak sekarang cari tahu banyak hal soal mempersiapkan pernikahan biar nanti kalau udah ketemu jodohnya gak kaget kan, J yang udah sibuk mempersiapkan pernikahan semoga ini bisa jadi bacaan yang bermanfaat, selamat berbahagia, selamat jatuh cinta.



Best Regards,

Dokter muda & Seorang istri.
      ( moccachinta )
cyntarchuleta@gmail.com 




           
            

Komentar

  1. ini salah satu yang aku seneng dari ngebantuin sahabat sendiri. dikenang.
    gimana rasanya aku deg-degan setengah mati pas menuju hari H. mempersiapkan kado. takutnya kalo banyak yg kamu akan sesalkan dengan segala bantuanku.
    alhamdulillah beboo...bahagia semoga selalu berada diantara kalian berdua kesayanganku ����

    BalasHapus
  2. Tips-tipsnya sip sih, saya tambahin satu mungkin, masalah souvenirnya, ada baiknya sesuaikan dengan budget yang ada. Kalau mau beli, sebelum ke toko souvenir, coba cek online dulu saja. Soalnya beli souvenir pernikahan online biasanya bisa lebih murah, karena tidak ada biaya sewa tempat. Selain itu juga lebih mudah milih dan membandingkan harganya.

    Masalah baju pengantin, saya rasa kalau benar-benar budget pas menyewa jelas lebih tepat. Tapi kalau ada budget lebih, cari gaun pengantin yang murah saja di bajupestaku.com
    Harganya paling sekitar 1jt an, lebih murah daripada beli di butik baju pengantin umumnya

    BalasHapus
  3. Kak.. boleh info nomor tlp gedung immim???

    BalasHapus
  4. Mau dapat uang tambahan dan pulsa gratis? Yuk kunjungin website kita di Pasti Poker 99 :

    Pasti JP
    Uang Asli Indonesia
    Poker 99
    Poker 99 Domino
    Agen Judi Poker Online Terpercaya
    Situs Agen Judi Poker Online Terpercaya
    Link Alternatif Pasti Poker
    Pasti Poker 99
    Poker Online
    Capsa Online
    Ceme Online
    Domino Online

    Kontak kami di
    Yahoo Messenger = PASTIPOKERCS1
    LINE = PASTIGROUP
    BBM = 5C336225
    WhatsApp = +6282214964955
    WeChat = PASTIGROUP
    Skype = PASTIPOKER
    Facebook = PASTIPKR99

    BalasHapus

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini