Langsung ke konten utama

Hidup ini singkat, milikilah selalu harapan



Film kesukaanku sepanjang masa adalah The Shawshank Redemption. Jika saya harus meringkas film tersebut dengan satu kata saja, maka kata itu adalah “HARAPAN” . Film ini didasarkan pada cerita pendek Stephen King. Di dalam film itu, aktor Tim Robbins berperan sebagai Andy. Pria tidak bersalah yang menjalani hukuman seumur hidup karena dituduh membunuh istrinya dan pacar istrinya. Selama ia di penjara, tokoh itu mengalami pemukulan, perkosaan beramai-ramai serta keputusasaan yang luar biasa. Setelah bertahun – tahun menerima pelecehan, sesuatu terjadi di dalam dirinya dan tiba-tiba berubah. Dia mengincar sebuah tempat yang indah di pantai Meksiko dan memutuskan akan pergi ke sana. Dia tidak  menceritakan rencananya kepada siapapun. Bahkan kepada sahabatnya. Red, yang diperankan oleh actor Morgan Freeman.

Adegan yang paling mengesankan bagi saya adalah ketika kedua napi itu duduk di halaman penjara. Andy memberi tahu Red bahwa ada suatu tempat di dalam penjara yang tidak dapat disentuh oleh penjaga atau sipir. Tempat yang tidak dapat di kunci oleh siapapun. Red memperingatkan bahwa akan berbahaya memupuk harapan di dalam tempat seperti penjara. Andy menolak memercayainya. Dia berbicara tentang suatu tempat di pantai meksiko dan pantai untuk memandang bintang, menyentuh pasir, bermain air serta merasa bebas.



Red, sangat terganggu oleh visi Andy tentang Kebebasan sehingga ia menegurnya untuk tidak bermimpi. Dia memperingatkan Andy akan tempatnya, dan menunjukkan tempatnya bukan di meksiko tetapi di sini. Andy seolah percaya padanya ketika berbisik “ Ya, Kamu benar. Tempatku di sini, dan aku di sini. Akhirnya dia memutuskan bahwa akhirnya hanya ada satu pilihan sederhana “ Sibuk Hidup atau Sibuk Mati “



Berikutnya ketika Seseorang melihat Andy, dia sedang berada di dalam kamar selnya, memegangi sebuah tali. Dia akan melakukan salah satunya, apakah menggantung diri atau membebaskan diri. Hidup memang selalu memberi kita dua pilihan “ Sibuk Hidup atau Sibuk Mati “ yang manakah yang akan kamu pilih ? seberapa sering kita memilih dengan benar ? bagian mana dari setiap hari atau hari manapun ketika kamu sekedar merasa bebas ?

Seseorang yang lebih tua dari saya pernah bilang kalau ada perbedaan antara lubang dan makam ; lubang memiliki sedikitnya ruang untuk bergerak. Sehingga ketika kamu menemukan dirimu terjatuh di dalam lubang, sebaiknya segeralah keluar sebelum lubang tersebut berubah menjadi makam.  Hidup terlalu singkat untuk mengasihani diri, ketika terjatuh segeralah bangkit, milikilah selalu harapan.




Chintasih Masnitarini

Komentar