Langsung ke konten utama

Suami Tidur Mendengkur, Perlukah Check Up Ke Dokter ?

  
            Sebenarnya sudah lama saya ingin menulis ini di dalam akun blog pribadi, Persoalan tidur mendengkur kondisi yang dimana menurut orang-orang adalah hal yang biasa, namun di dunia medis ini adalah keadaan yang abnormal.  Saya jarang menulis topik kesehatan meski sebenarnya background saya adalah kesehatan. Menurutku topik kesehatan adalah topik yang agak berat dari sisi penulis. Beberapa minggu lalu saya membawa suami ke Dokter THT ( Telinga, hidung, tenggorokan) karena ada hal yang menyita perhatian saya, semenjak saya dan pak swami menikah,setiap hari tuh, sepanjang malam dia tidur mendengkur hingga pagi hari. Awalnya saya mengira situasi ini biasa saja, namun lama-kelamaan menjadi bahan kecemasan bagi saya. Apalagi suami saya adalah seorang perokok, dia juga memiliki bobot tubuh yang besar, tengan Indeks Massa Tubuh yang lebih dari normal.
Kami mengunjungi dokter saat weekend, saat saya dan pak suami libur dari rutinitas. Dan Dokter  ahli THT yang ada di poli RS.Swasta sore itu Menjelaskan beberapa hal mengenai, mengapa seseorang dapat tidur mendengkur ?
1.     Posisi tidur yang terlentang
2.     Seseorang dengan gangguan di tenggorokan
3.     Ada gangguan di hidung ( misalnya sedang influenza)
4.     Seseorang memiliki berat badan berlebih
5.     Bertambahnya usia
6.     Kebiasaan merokok
7.     Kelelahan
8.     Ada riwayat penyakit yang sedang diderita

Mungkin banyak orang yang beranggapan bahwa mendengkur saat tidur adalah tanda bahwa seorang itu sedang tidur nyenyak, namun beberapa ahli mengatakan bahwa “Mengorok” saat tidur adalah suatu gangguan yang terjadi pada tubuh seseorang. Dokter mengatakan bahwa mendengkur dapat dipicu karena adanya penyakit dalam tubuh seseorang, misalnya tekanan darah tinggi ( Hipertensi) , adanya penyakit jantung, adanya riwayat diabetes, ataukah sedang ada gangguan di tenggorokan seperti tonsillitis, tau faringitis bahkan diindikasikan adanya pembesaran pada adenoid. Maka dari itu jangan sampai ibuk-ibuk menyepelekan kondisi suami yang tidurnya mendengkur, bunda bisa mengajak suami untuk mengecek kesehatannya ke Dokter Ahli, ataukah lakukan check up rutin di Dokter keluarga bunda setiap 3 bulan sekali untuk mengetahui status kesehatan yang kita miliki sekarang. Karena terkadang yang tidak begitu penting hari ini ternyata adalah hal yang bermakna yang patut diberikan perhatian lebih.
Setelah saya mengantar suami check up di Dokter Ahli THT, Dokter memberikan obat pengencer lendir (ambroxol), dan obat anti edema ( Metil prednisolone). Fungsinya agar ditenggorokan tidak terlalu banyak lendir yang menumpuk, juga mengurangi peradangan di tenggorokan. Dan Dokter menyarankan untuk melakukan olahraga rutin 3 kali seminggu, serta exercise ringan setiap harinya di pagi hari, agar selalu bugar sepanjang hari sehingga  malam hari tubuh dapat istirahat dengan baik. Mengurangi berat badan dengan diet sehat, konsumsi sayur dan buah, juga wajib mengurangi merokok. Kalau bisa sih STOP MEROKOK !! Sudah sebulan belakangan ini kami melakukan anjuran dokter,  semoga dapat terus kami terapkan menjadi gaya hidup.
Ya.. awalnya sih saya susah tidur karena dengkuran suami, eh.. makin kesini kok makin beda, malah gak bisa tidur kalau gak denger suami mendengkur dulu *Loh BALADA EMAK-EMAK
Bhahahak.

But, jangan disepelein ya bund..
Kalau bunda ada waktu, bisa ajak suami check up ke Dokter, biar status kesehatannya bisa terpantau, Rumah tangga kan ibarat Kapal, dia kan Nakhoda kapal kita, kemana kapal ini akan berlayar semua atas petunjuk suami, semua atas arahan suami, awak-awak kapal juga menggantungkan hidup kepada hasil kerja keras suami, kita harus dengan sekuat tenaga menjaga kesehatan sang Kapten, agar kapal kita tetap kokoh berdiri mengarungi samudera kehidupan ini.

Selamat menjalani hari ini..

Best regards
@moccachinta.




Komentar

Postingan populer dari blog ini