Langsung ke konten utama

...Berilah waktu kepada waktu






Pada mulanya saudara iparku, teman-teman sosial media yang telah berkenan membaca blog pribadiku mengirimiku email, mereka semua ingin tahu apakah aku mempunyai rahasia hidup. Awalnya aku mengacuhkan semua email-email yang berisi pertanyaan-pertanyaan itu, namun kemudian aku berpikir mungkin semesta sedang mencoba mengatakan sesuatu kepadaku, apakah rahasia dari uang, relasi, dan kebahagiaan ???

Sebenarnya ini bukanlah rahasia, ada satu kekuatan. Ada satu hukum. Hukum tarik-menarik, mungkin itulah ungkapan sederhana dariku, kita dapat menarik segala sesuatu yang datang ke dalam hidup ini, hidup kita sendiri dengan pikiran-pikiran yang kita pelihara, dan kita yang menciptakannya.

Kakak kandungku, mempunyai kata-kata luar biasa ; “ Hidup ini keras, pakailah helmmu !” Ternyata dia benar, dia tidak pernah main-main dengan kata-katanya. Kadang-kadang kita memang membutuhkan helm untuk bertahan melewati tanjakan dan turunan, kelokan dan putaran, goyangan dan guncangan serta rem mendadak. Dan itu baru di jam sibuk lalu lintas dipagi hari, belum kejadian yang lainnya.
Rahasia yang paling utama lagi adalah tidak terlalu terikat pada kehidupan jenis apapun, yang baik ataupun buruk.  Saat-saat baik akan datang dan pergi. Saat-saat buruk akan datang dan pergi.  Tugas kita adalah berpegang kuat-kuat pada salah satunya dan memerangi yang lainnya, tetapi memperbolehkan keduanya mengajari dan momoles jiwa dan hidup kita.

Pepatah yang selalu kugunakan setiap suatu masalah datang, ataukah sedang menghadapi saat-saat yang buruk “ life must go on” ini juga akan berlalu. Dan memang kebanyakan orang juga memikirkan ini, namun tidak ingin menggunakannya untuk saat-saat baik, kita tidak ingin membiarkan saat-saat baik berlalu, kita ingin membuatnya bertahan selamanya, tetapi cepat atau lambat segala sesuatunya akan berubah. Hidup ini seperti menaiki rakit disungai dan membiarkannya membawa kita melewati air yang bergolak dan air yang tenang, memercayai aliran sungai.  Terlepas dari analogi diatas, bagiku hidup ini adalah perjalanan yang liar sekaligus indah. Kekacauan akan datang, ketenangan akan muncul sesudahnya, lalu semuanya akan dimulai lagi dari awal, Yang ku lakukan cuma satu ; menikmati perjalanan.
           
Kata-kata Albert einsten bahwa ; Hanya ada dua cara untuk menghidupi hidup anda. Yang satu adalah hidup seakan-akan keajaiban itu tidak ada. Yang lain adalah seakan-akan segala sesuatu adalah keajaiban.
Hidup adalah keajaiban, bagiku.
Kadang-kadang keajaiban itu datang dalam keemasan yang dibungkus seperti kesalahan besar. Kuncinya mungkin adalah belajar menemukan keajaiban di tengah kekacauan. Aku pun terus mencobanya, aku menulis niat-niatku, memecahnya menjadi tujuan-tujuan dan sasaran. Merekatnya di tempat yang mudah dilihat, membacanya keras-keras, menghirupnya dan menghembuskannya bersama napasku, membayangkan semua itu terjadi.

            Aku berjanji untuk lebih banyak minum air putih, lebih banyak meluangkan waktu untuk orangtua, keluargaku, membayar dengan tunai setiap kebutuhanku daripada dengan kartu kredit, menjadi pasangan yang lebih ramah untuk kekasihku, Menjadi tante yang baik untuk keponakanku.
Aku suka menulis, maka aku menulis. Yaa Aku sangat menyukai tulisan maka dari itu aku menulis ini untuk email-email pertanyaan tentang rahasia kehidupanku, ada begitu banyak kehidupan yang dijejalkan ke dalam retakan-retakan satu hari kecil,  kita bisa membuat seseorang tertawa, tersenyum, berharap, menyanyi, berpikir. Hari yang terpenting bukan sekedar ulang tahun, hari jadian, hari ulang tahun pernikahan,hari lebaran, hari natal, atau hari kelulusan. Tetapi hari dimana ketika kita masuk, dan menghidupi satu hari saja sepenuh-penuhnya.
Hidup adalah anugerah, Hidup ini hadiah tapi tidak diikat dengan pita, kemudian berilah waktu kepada waktu.
Hanya itu rahasiaku.




Salam hangat, 
@moccachinta

Komentar

Postingan populer dari blog ini