Langsung ke konten utama

Apartemen, Investasi Pilihan Keluarga Masa Kini.



Almarhum Ayahku mengajarkan banyak hal kepada kami, Anak-anaknya. Kedua kakak laki-lakiku kini sedang belajar menjalankan bisnis yang dirintisnya sejak ia lulus dari bangku perkuliahan. Saya sebagai anak perempuan yang juga sedang belajar tentang kemandirian finansial, saya mendapatkan banyak hal dari apa- apa yang dilakukan ayah semasa hidupnya. Dia selalu bilang “Investasikanlah separuh dari penghasilanmu setelah kau menerima gaji pertama, paling tidak 20 %” . Nasihat itulah yang membuatku tumbuh dan mempelajari berbagai macam jenis investasi masa depan. Status menikah dan belum mempunyai anak yang kupunyai saat ini membuatku lebih jeli untuk melihat jenis investasi yang cocok untuk mendampingi perjalanan kehidupan kami yang akan datang. Perjalanan dimana kehidupan yang sesungguhnya baru saja telah dimulai.

Kedua orangtuaku, Almarhum ayah dan ibuku yang pernah hidup di zaman depresi, mereka menyimpan banyak sekali hal yang patut dipelajari. Mengalami masa kanak-kanak yang kekurangan mengajarkan mereka untuk hidup dengan penuh perhitungan, ya.. “ Hidup ini harus berhitung” itulah kata mereka. Maka setelah kepergian Ayah, beliau meninggalkan banyak hal untuk kami. Ya.. beberapa hasil investasinya, investasi yang ia kumpulkan ketika raganya sedang kuat-kuatnya. Investasi tersebut adalah beberapa properti. Sebuah barang yang tidak bergerak yang tiap tahunnya memiliki peningkatan harga jual kembali. Dapatlah dikatakan jika investasi properti cenderung stabil, lebih sering mengalami kenaikan daripada penurunan. Karena alasan ini maka saya dan kedua kakak laki-lakiku memilih mengelolanya sebagai rumah sewa atau kontrakan. Ya.. paling tidak kami bisa memberikan tambahan finansial kepada ibu dari hasil pengelolaan properti tersebut.

Dari pelajaran inilah pada akhirnya ketika untuk pertama kali dalam hidup saya, saya menghasilkan banyak uang. Mungkin tidak banyak, tapi ini saya sebut sebagai gaji yang pantas. Saya pun kembali mengandalkan penghasilan dari properti ini untuk menyicil lagi sebuah asset baru. Hidup ini memang harus dipaksa apalagi soal menabung dan berinvestasi. Meski harus mengurangi jatah minum kopi bersama relasi di coffeeshop, meski harus sedikit memaksakan diri tidak pergi ke shopping centre tiga kali dalam sebulan demi sebuah asset dan investasi jangka panjang, saya rela melakukannya, karena notabene kesenangan terhadap Liabilitas tidak akan membuat pundi - pundi finansial kita terus berkembang.

Beberapa tahun saya hidup dengan hal-hal yang berbau properti, mulai dari rumah kontrakan, rumah kos, sampai penyediaan lahan untuk pengusaha yang ingin membuka usaha atau lapangan kerja. Saya bersyukur karena telah dipertemukan dengan investasi yang menyenangkan, Ya mungkin agak sedikit memudahkan jika dibandingkan dengan investasi berbasis konvensional seperti emas yang kita beli, karena kita perlu kesiagaan ekstra untuk itu. Dimana diperlukan tingkat keamanan yang tinggi atas resiko kehilangan. Toh, kita tidak mungkin 24 jam berada di rumah untuk menjaga brankas. Maka dari itulah saya merasa investasi di dunia properti mempunyai banyak keuntungan bagi siapapun. Sebut saja investasi yang tidak ada matinya, Meski tetap dibutuhkan keamanan, investasi ini tidak perlu repot dibawa kemana-mana, apalagi 24 jam kita harus menungguinya terus.

Sekarang ini banyak sekali jenis properti yang bisa dijadikan investasi, Selain Rumah. Baru - baru ini sedang berbondong-bondong orang-orang bahkan berlomba-lomba menginvestasikan penghasilannya untuk memiliki sebuah Apartemen. Bukan apanya, nilai NJOPnya yang terus naik. Ditambah lagi jika lokasi Apartemen tersebut berada di pusat kota / pusat bisnis. Seperti yang saya lihat ketika tidak dengan sengaja saat sedang jalan-jalan bersama keluarga di sebuah Mall. Beberapa Developer national & terpercaya mengadakan pameran properti yang digelar dalam skala yang besar. Mulai dari Apartemen yang mendapat subsidi pemerintah sampai yang supermewah dengan fasilitas bintang 5, ternyata mendapat perhatian khusus dari masyarakat. Salah satu pengembang yang saya tahu yaitu Ciputra Group & Galesong Group, yang tidak berhenti berinovasi terhadap karya-karyanya di bidang properti. Vida View Apartment contohnya. Namun, tentu saja lokasi yang strategis menjadi hal yang utama yang diperhitungkan oleh konsumen. Apartemen ini terletak di Jalan Topaz Raya Kota Makassar, sangat dekat dengan tempat-tempat kegiatan masyarakat seperti perkantoran dan shopping centre. Makin mudah konsumen mengakses lokasi maka makin tinggi pula harganya. Harga properti yang dilewati proyek transportasi light rapid transit ( LRT) ini bahkan bisa melejit sampai 200 %

Unit Apartemen Vida View didesain khusus untuk menghasilkan view yang bebas dan luas melalui design towernya yang tidak saling menghalangi satu sama lain. Meski design ini terlihat simple, pada setiap unit apartemennya dapat mengakomodir seluruh kebutuhan ruangan dan selera estetika pemilik dan penghuninya. Apartemen Vida View memadukan 3 tower Apartemen, terdapat 42 unit shophouses dan 8 Unit Ruko/Kios dalam 3 tipe dengan luas mulai 21.85 – 47,3 m yang disertai penataan ruang yang nyaman sehingga memberikan impresi lapang dan elegan.

Jadi, pada dasarnya Rumah dan Unit Apartemen yang berada di lokasi yang sama  bisa memiliki hasil yang berbeda dari segi investasi. Sebab jenis properti ini mempunyai kelebihan dan kekurangan masing-masing. Dimana Kelebihan investasi apartemen  ; Harga tipe studio biasanya lebih murah daripada rumah yang memiliki tipe 45, Fasilitas Apartemen lebih lengkap, biasanya tersedia kolam renang, pusat kebugaran, children playground, CCTV, 24 jam security service, dan area parkir. Harga sewa untuk penyewaan cenderung lebih tinggi ketimbang harga sewa rumah, karena itu tadi beberapa fasilitas di atas sudah terdapat di sana, Kepemilikan bisa dipakai sebagai jaminan kredit karena  memiliki nilai yang cukup tinggi. Jika soal kekurangannya mungkin karena adanya biaya rutin setiap bulan yang cenderung besar, seperti biaya listrik dan perawatannya itu sendiri, tidak adanya hak guna bangunan langsung karena tidak berdiri langsung di atas tanah, dan pada beberapa keadaan tidak bisa dilakukan renovasi sesuai dengan keinginan, hanya interior yang bisa kita ubah sesuai selera pemiliknya.
         
                 Tidak dapat kita pungkiri jika investasi memang merupakan suatu hal yang berisiko, investasi apapun itu. Namun bagaimana kita berusaha meminimalisir kekurangan itu demi menuju kemapanan finansial yang kita cita-citakan. Dengan berinvestasi dapat membuat kita menghasilkan uang tanpa harus terus bersusah payah, alih-alih hanya menghabiskan penghasilan untuk keperluan jangka pendek, ada baiknya jika mulai dari sekarang kita memilih investasi yang tepat. Karena ketika kita memiliki sebuah keluarga, persoalan keuangan adalah tantangan. Membiayai kebutuhan rumah tangga, membayar keperluan ini itu, membayar KPR, Menyisihkan biaya pendidikan anak, menyisihkan dana kesehatan, menyiapkan uang liburan dan masih banyak lagi keperluan lainnya. Dengan menginvestasikan penghasilan secara tepat dalam jumlah yang besar, hasil investasi tersebut dapat kita gunakan dikemudian hari.

                 Entahlah, saya pun  tidak bisa membayangkan bagaimana jadinya jika saja Ayahku semasa hidupnya tidak melek soal investasi dan finansial. Mungkin saat ini dimasa-masa ibuku yang sedang menjelang pensiun akan bengong di rumah dan tidak punya aktifitas dan kami pun sebagai anak-anaknya pasti akan tidak punya pengetahuan tentang investasi. Dari Almarhum ayah, kami memperoleh banyak sekali pelajaran, banyak berkah yang ia tinggalkan. Saya mengikuti banyak sekali seminar investasi dan bisnis. Intinya pada dasarnya sama saja “ Pay Your Family First”  Bayarlah keluargamu lebih dulu, setelah itu barulah membelanjakan sisanya. Mempunyai kewajiban setiap bulannya dengan harus menyisihkan penghasilan untuk sebuah investasi menurut saya bukanlah masalah besar, yang terpenting “Bayarlah Dirimu Dulu”  Pilih investasi yang menarik sejak dini. Biarkan investasi – investasimu yang bekerja untukmu, keluargamu.


#MariInvestasi. #InvestasiApartemen #Makassar


Regards,
Chintasih Masnitarini.

Komentar

  1. Nice story chinn ..
    Semoga kita bisa jadi istri2 yang keren di difinansial juga yaaaa heheheh

    BalasHapus
  2. Kereeen...emang hrs investasi dr msh muda yaa

    BalasHapus
  3. Terima kasih sudah berbagi Chinta ♡, baca ini bikin saya makin sadar diri soal pentingnya investasi sejak dini.

    BalasHapus
  4. Sedang kebingungan untuk mencari apartemen di kawasan Jakarta? Nih ada solusi untuk Anda yang sedang bingung memilih apartemen yang bertempat strategis banget di kawasan MT Haryoni, Investasi Apartemen di Signature Park Grande Oleh Pikko Group merupakan sebuah langkah yang tepat untuk anda yang ingin berinvestasi apartemen di kawasan Jakarta.

    Baca info selengkapnya di http://renseo.blogspot.com/2017/02/investasi-apartemen-di-signature-park-grande.html

    BalasHapus

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini