Langsung ke konten utama

Jalan - Jalan seru #FOODPHILOSOPHY Makassar Bersama Hemaviton Cardio



              Aaakkhh.. Speachless rasanya waktu tahu ada Chef Bara ikut dalam undangan #FOODPhilosophy yang diadakan oleh hemaviton cardio Kamis, 8 September 2016 Kemarin. Saya sebagai salah satu blogger di Kota Makassar turut berpartisipasi dalam acara tersebut. Sebenarnya awalnya saya ragu apakah dapat hadir hari itu, karena berhubung sedang sibuk mempersiapkan ujian komprehensif di kepaniteraan klinik. Tahu-tahu kabar terakhir kalau ujiannya diundur setelah idul adha, jadi selama 5 hari berturut-turut menjelang idul qurban saya mempunyai waktu free. Happy banget rasanya.

              Info dari panitia penyelenggara saat itu, diberitahukan bahwa kami sudah harus berkumpul di venue tempat kami akan start yaitu di Hotel Horison Ultima Makassar di jalan jendral sudirman jam delapan pagi, Sepagi itu juga satu jam sebelum waktu yang diberitahukan saya sudah siap-siap menuju ke tempat tersebut, karena yaa.. jarak rumah yang sedang saya tempati lumayan jauh dari lokasi, maka saya harus lebih pagi untuk menyiapkan segala keperluan. Malam hari sebelumnya telah disampaikan destinasi – destinasi yang akan kami (peserta ) kunjungi sebagai rangkaian dari #FOODPHILOSOPHY jadi ya.. beberapa perlengkapan seperti topi, tissue basah, air mineral, sunblock, dan well lipbalm tidak lupa turut serta dalam tas saya hehehe.

              Sesampainya saya di Hotel Horison Ultima, peserta dibagikan baju kaos dan dilakukan cek kolesterol oleh panitia, juga diberikan Goodie Bag yang isinya Suplemen Hemaviton Cardio sebagai teman untuk berkuliner ria hari ini. Dengan senang hati pun saya mengikuti cek kolesterol dan jeng jeng.. Hasilnya normal. sebelum berangkat berfoto barenglah peserta bersama Chef Bara. Saya lihat beberapa media seperti Kompas TV Jakarta juga turut meliput acara ini. Hmm.. dalam hati saya hari ini sepertinya akan penuh dengan pengalaman yang menarik. Jam sudah menunjukkan pukul 08.10 pagi,  saya dipersilahkan untuk naik ke Bus bersama peserta yang lain. Turut serta pula Dokter Rini sebagai Konsultan Gizi Klinik yang akan berbagi pengetahuannya seputar makanan yang akan kita makan hari ini. Seperti judulnya #FOODPHILOSOPHY.

Bus yang akan kami tumpangi berkeliling seharian berkuliner ria. #FOODPHILOSOPHY

              Destinasi pertama, saya bersama peserta #FOODPHILOSOPHY yang lain menuju Warung Coto Nusantara di Jl. Merpati No.2 dan 3. Di sana kami menikmati hidangan khas daerah Makassar COTO MAKASSAR yang menjadi kuliner favorit wisatawan domestic dan mancanegara. Coto Makassar atau Coto Mangkasara’ adalah makanan yang dibuat dari bahan daging sapi dan jeroan ( isi perut) yang diiris-iris kemudian direbus hingga dagingnya lunak, lalu dipotong-potong berbentuk dadu, bisa sedikit lebih besar dari potongan dadu. Kemudian di beri bumbu yang diracik secara khusus. Dihidangkan dalam sebuah mangkuk dapat dimakan bersama nasi dan ketupat.
Helooo.. Rombongan perut lapar #FOODPHILOSOPHY Trip Hemaviton Cardio.

              Karena coto Makassar kaya akan rempah juga bahan dasar dari protein hewani maka inilah yang dapat membuat kadar kolesterol dalam darah meninggi, seperti kita ketahui kelebihan kolesterol atau biasa disebut dengan hiperkolesterolnemia yang berkepanjangan akan sangat mengganggu kesehatan maupun aktifitas kita sehari-hari. Hemaviton cardio sebagai suplemen yang dapat mencegah dan menurunkan kolesterol hadir sebagai salah satu alternatif yang dapat dikonsumsi masyarakat agar mencegah kenaikan kolesterol. Kandungan bahan-bahan alami yang terkandung didalam setiap kapsul hemaviton cardio seperti fitosterol dapat membantu menangkal radikal bebas dan menurunkan kolesterol.
Selalu siapkan Hemaviton Cardio ya, sebelum menyantap hidangan-hidangan yang rentan menaikkan kolesterol.
              Setelah sarapan pagi di coto nusantara, kami pun bergegas naik ke bus dan kembali melanjutkan perjalanan menuju WARKOP PHOENAM yang terletak di Jalan Jampea, di sana kami disajikan minuman kopi khas Phoenam yang sudah lama terkenal di kota Makassar tempo doloe. Kopi phoenam memang sangat melegenda. Kedai kopi ini sudah ada sejak 1946 yang didirikan oleh Liong Thay bersama kerabatnya Prof.Dr.Thay Phen Liong. Kopi Phoenam itu sendiri memiliki arti “ Tempat persinggahan selatan”. Kopi ini sudah diracik secara turun temurun. Kopi yang khas di sana yang menjadi favorit pengunjung adalah Kopi susu Phoenam dan sangat nikmat di santap bersama roti kaya phoenam.
Keseruan Bersama Chef Bara di KEDAI KOPI PHOENAM
              Setelah minum kopi di Phoenam dan menggali informasi seputar sejarah Phoenam, kami melanjutkan perjalanan menuju FORT ROTTERDAM. Jam sudah menunjukkan pukul 10.40, cuaca hari ini benar-benar cerah seperti raut kesenangan yang dirasakan oleh peserta Trip #FOODPHILOSOPHY. Tibanya Bus di jalan ujung pandang atau lebih dikenal dengan Benteng Roterrdam. Benteng ini adalah peninggalan Kerajaan Gowa – tallo. Di fort Rotterdam kami memperoleh banyak informasi seputar sejarah dari benteng ini, dipandu oleh seorang bapak pemandu wisata di sana, kami melihat-lihat bangunan dan benda-benda peninggalan bersejarah. Perut baru aja diisi eh, kami lanjut lagi menyantap Es Pisang Ijo yang disediakan oleh panitia, benner-benner ya.. #FOODPHILOSOPHY. Ikut kegiatan ini sepertinya harus menyediakan 2 lambung, hehehe. Es pisang ijo adalah makanan khas Makassar, Sulawesi selatan. Makanan khas yang sangat enak jika disajikan dalam keadaan dingin, bahan utama adalah pisang yang dibungkus dengan adonan tepung beraroma pandan, dimasak dengan cara dikukus, kemudian diberi sirup DHT, Santan dan es batu. Yummy.. Jadi pelepas dahaga di siang hari.

sampai di FORT ROTTERDAM tidak lupa foto selfie bareng. 
              Destinasi keempat yang bertepatan dengan jam makan siang, dari fort roterrdam, kami menuju SOP KONRO KAREBOSI yang bertempat di jalan Lompo battang yang sudah ada sejak tahun 1968. Sop konro juga menjadi salah satu ikon kuliner kota Makassar, makanan yang berasal dari tradisi suku bugis dan Makassar ini juga dibuat dengan rempah-rempah yang buaaanyyak banget. Salah satunya kluwek. Inilah yang membuat kuah sop konro sedikit berwarna hitam. Kini konro memiliki variasi yaitu berbentuk kering dimana dikenal dengan “Konro bakar”.  Bahan utama lagi-lagi daging.. wah ini nih yang membuat kolesterol kita naik. Sebelum menyantap makanan berlemak seperti sop konro dan konro bakar, Yuk.. minum hemaviton cardio dulu, biar makannya jadi tenang dan gak perlu khawatir lagi soal kolesterol.

              Ya..ampun perut udah sesak banget sampai susah napas rasanya. Fiuhh.. tapi eits, perjalanan masih panjang guys.. #FOODPHILOSOPHY Trip masih punya banyak kejutan untuk kita hari ini. Jam sudah menunjukkan pukul 02.01, panas matahari semakin terik. Kami yang awalnya diberitahukan oleh panitia akan mengunjungi MUSEUM BALLA LOMPOA sebagai destinasi keenam dibatalkan karena disana sedang dilangsungkan upacara adat. Jadi wisatawan dilarang masuk untuk sementara. Akhirnya kami dialihkan ke MESJID AL-MARKAZ Al islami. Dimana Mesjid ini merupakan salah satu mesjid terbesar di Indonesia timur. Disana kami istirahat sejenak melepas sedikit penat dan lelah. Disuguhkan Cemilan khas Makassar yaitu jalangkote, Bikangdoang dan barongko. Makanan ini juga salah satu ikon kuliner kota Makassar, jajanan yang tidak pernah ada matinya. Mulai dari anak-anak sampai orang dewasa sangat suka dengan makanan ini.

              Tidak terasa waktu sudah menunjukkan pukul 15.40 WITA. Kami pun melanjutkan perjalanan menuju pantai losari. Sepanjang perjalanan kami sejak pagi, siang hingga sore ini. Di dalam perjalanan tak henti-hentinya Chef bara bercerita banyak hal mengenai pengalamannya memasak, mulai dari mengapa sampai dia suka memasak sampai cerita tentang kenapa dia alergi dengan kopi. Perjalanan yang benar-benar seru dan menyenangkan. Di pantai losari, Chef bara akan demo masak, tentunya masakan yang akan dia buat adalah masakan khas Makassar yaitu Pallumara dan Pallubasa. Wah.. pasti gak kebayang kan gimana serunya bisa lihat chef bara secara langsung di depan kita, mempraktekkan kelihaiannya dalam mengolah berbagai macam bahan makanan dan bumbu-bumbu.


Chef bara lagi siap-siap tampil buat demo masak nih. 
              Lama setelah kurang lebih satu jam, Chef bara tampil dalam demo masak yang dirangkaikan dalam event “MAKASSAR INTERNATIONAL EIGHT FESTIVAL & FORUM 2016”  di pantai losari  kami lalu melanjutkan perjalanan lagi menuju PULAU KAYANGAN. Kota Makassar sore ini sangat ramai apalagi di sekitaran pantai losari, saya dan peserta yang lain menembus kemacetan menuju Dermaga popsa, karena dari sini kami akan naik kapal menuju pulau kayangan. Ini sudah destinasi keberapa ya.. wah.. tampaknya sebagian peserta yang lain ada yang udah capek nih. Bisa dilihat dari raut-raut wajahnya hehehe. Duh.. jangan nyerah dulu dong.. The last Nih.. Dinner Bareng #FOODPHILOSOPHY Hemaviton cardio. Perjalanan ke pulau kayangan kurang lebih 15 menit aja sih, lumayan dekat. Meski ada peserta yang mabuk laut tapi dia tetap gak mau nyerah untuk ikutan #FOODPHILOSOPHY Trip. Sampainya di pulau.. kami istirahat sejenak, bercengkarama bersama peserta yang lain, saling kenal dan bercerita banyak hal. Dari yang awalnya gak kenal jadi kenal dan akrab.

              Saat makan malam, kami disajikan menu SEA FOOD yaitu ikan bakar, cumi-cumi bakar, udang bakar beserta sayur dan pelengkapnya.. Wah.. memang makanan yang satu ini juga gak ada matinya. Menu favorit hampir semua kalangan.  Disela-sela waktu luang sehabis menyantap hidangan SEA FOOD yang menggoyang lidah. Chef bara dan Team Hemaviton cardio mengumumkan pemenang dari postingan Sosial Media yang paling seru hari itu, dan gak nyangka saya termasuk didalamnya. Eh, dapat Goddie bag dari hemaviton loh. hehehe.. “Perut kenyang hati tenang “. Tak lama kemudian Chef bara juga ngadain kuis pribadi, yang bisa jawab pertanyaannya bakalan dapat buku resep Ala Chef bara. Dan.. tadaaaa.. saya berhasil menyabet 1 buku resepnya hahahah.. Seru banget deh pokoknya. Keren banget deh Hemaviton cardio bisa buat event menarik kayak gini, #FOODPHILOSOPHY Trip. Kita jadi punya pengetahuan seputar makanan, sejarah makanan tersebut, kandungan gizi dari makanan yang kita makan hari itu dan pastinya jadi tahu suplemen apa yang baik untuk dikonsumsi jika kita khilaf mengkonsumsi makanan yang banyak mengandung kolesterol.

              Setelah seharian yang capek tapi menyenangkan ini, seluruh peserta akhirnya kembali ke check point keberangkatan tadi pagi. Kami semua Kembali ke hotel Horison dan perjalanan hari ini selesai. Jam tanganku menunjukkan pukul 21.30 WITA. Sampai ketemu lagi #FOODPHILOSOPHY Makassar, it’s my Unforgotable experience.
             


Rombongan #FOODPHILOSOPHY TRIP Makassar bersama HEMAVITON CARDIO
Terima kasih HEMAVITON CARDIO.

            
          

Regards,

Chinta Masnitarini

                       

Komentar

  1. deh kalau ingat ini trip rasanya mau ulangi ahahhaha tp dengan persiapan lengkap

    BalasHapus

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini